Sabtu, 22 Desember 2012

Outlook On Life

Sadar atau tidak terkadang kelebihan yang kita bangga banggakan justru adalah bumerang untuk diri kita sendiri. Terkad
ang perasaan bangga akan diri sendiri yang berlebihan akan memunculkan berbagai macam akibat buruk, misal kesombongan, angkuh, egois, bahkan sampai tidak peduli akan kehidupan orang lain.
Hilangnya perasaan simpati terhadap kehidupan orang lain sangat sangat lah buruk. Itu mengapa suatu yang berlebihan memang pasti akan membawa dampak tidak baik pada diri kita. Dan juga itu kenapa gue katakan akan menjadi bumerang bagi diri kita sendiri.

Perasaan bangga, iyaa perasaan itu memang tidak salah apabila kita tempatkan pada tempatnya, namun akan menjadi suatu masalah apabila kita salah menempatkannya. Banyak sekali faktor yang bisa membuat kita bangga akan kemampuan dan apa yang kita miliki ‘hari ini’. Dan tidak selamanya perasaan itu salah, karena apabila kita mampu menjadi bijaksana menempatkannya itu akan menjadi suatu hal yang positif.
Banyak pasti yang menyadari bahwa apa yang kita miliki hari ini tidak akan tetap kita miliki dihari kemudian. Bahkan apa yang kita miliki detik ini belum tentu akan tetap menjadi milik kita di detik berikutnya. So, what do you think about that ???????
Oke, sesungguhnya banyak sekali pelajaran yang bisa kita ambil dari segala sudut pandang, entah itu dari atas, bawah, sekeliling maupun keseluruhan dari segala sudut itu, seperti sebuah pegangan hidup gue sebuah kalimat yang mampu memotivasi gue dengan baik hingga detik ini yaitu “Lihatlah keatas sebagai motivasi, lihat kebawah untuk ingat akan rasa syukur, lihat sekeliling dan buat mereka bangga” yaaa like that !!!!

 Lihatlah keatas, banyak sekali pandangan yang mampu kita lihat dan ambil dari atas, tidak selamanya dengan melihat keatas berarti kita orang yang tidak pernah merasa puas dan tidak kenal dengan kata syukur, namun justru ada begitu banyak pelajaran dan pandangan baik yang ada disana, misalkan kita mampu meraih satu pada hari ini, dan mampu membahagiakan satu orang pula pada hari ini, kenapa tidak pada hari esok kita berusaha meraih dua dan mampu membahagiakan dua orang pula. Memang menurut gue pun jangan pernah merasa puas dengan apa yang kita raih pada hari ini, karena dengan kita merasa puas maka kita akan terdiam pada satu titik, ketika orang lain sedang berjalan menyusul kita, dengan begitu SATU LANGKAH PADA HARI INI MARI UBAH MENJADI SERIBU LANGKAH DIMASA YANG AKAN DATANG.

Lihat kebawah, yaa kita sangat sangat perlu melihat kebawah, dibawah ada begitu banyak pelajaran berharga untuk kita, pelajaran hidup yang gak mungkin bisa kita beli dengan uang sebanyak apapun itu. Pelajaran hidup yang datang dari orang” yang luar biasa hebatnya. Pelajaran yang mampu merubah pandangan hidup kita, yaa tentunya bagi mereka yang memiliki ‘hati’, itu akan bekerja, tapi bagi yang tidak tentu saja mereka akan sengaja memalingkan muka mereka. Kamu yang hari ini memiliki segala terfikirkah mereka yang hari ini hanya memiliki satu helai pakaian yang mereka pakai, bahkan hanya sebungkus nasi yang mereka pegang?  terfikirkah untuk merubah hidupmu setelah melihat mereka? Terfikirkah untuk merubah hidup mereka, dengan membagi sedikit kebahagiaanmu pada hari ini? Terfikirkah kamu ada di posisi mereka hari ini, atau esok? Itu, itu hal yang gue bilang kenapa penting untuk kita melihat kebawah, melihat kemungkinan terburuk yang mungkin kita alami, yang mampu membuat kita bersyukur untuk setiap hal kecil yang kita dapat dari Tuhan, betapa baiknya Ia senantiasa memelihara kita walau kita sering melupakanNya. Syukur kata yang sederhana tapi memiliki dampak yang sangat dasyat.

Lihat kesekeliling, ada banyak orang yang ada disekeliling kita, lingkup terkecil keluarga, teman dan sahabat, meluas kedalam lingkungan masyarakat. Apa sih tujuan hidup kita ???? terfikir gak untuk apa kita sekolah hari ini, kuliah, atau bekerja ???? terpaksa karna orangtua, atau kebutuhan hidup ???? pastinya bukan itu tujuan hidup gue, pastinya kita mau menjadi orang yang berguna untuk siapapun itu, bukan Cuma untuk orang yang kita kenal, tapi juga bahkan untuk mereka yang tak pernah sama sekali, kita sapa, tau namanya, atau bahkan tau wajahnya. Ya untuk siapa saja kita harus bisa menjadi orang yang bermanfaat, dan dengan pilihan profesi apapun itu. Mampu menjadi kebanggaan, mampu menjadi kebahagiaan, dan mampu menjadi penyempurna hidup orang lain.
Hidup terkadang memang terasa begitu sulit, tapi bukankah disana lah terdapat beberapa nikmat kehidupan, disanalah kita bisa menemukan arti kehidupan yang sebenarnya. Mampu menjadi seseorang yang berhasil dengan tingkat kesuksesan yang relatiif, mampu bersyukur dengan segala keadaan yang kita hadapi, dengan kekurangan dan kelebihan yang kita miliki, dan mampu menjadi kebahagiaan bagi orang lain dimanapun kita berada, berdiri, dan tersenyum. Buat prioritas hidup, fokus, dan berani, “LIHAT KEATAS, LIHAT KEBAWAH, DAN LIHAT KESEKELILING”

2 komentar: